AROGAN ITU BERNAMA CRISTIANO ?

Perbuatan adalah ceminan isi hati, jika hati dipenuhi kebaikan maka sikap dan tindakan akan baik, Mayoritas orang hanya menilai seseorang dari setiap gesture tubuhnya, tanpa lebih mengenali siapa orang tersebut. Itu bukan hal yang salah. Toh..Penilaian itu adalah hal subjektif yang dilakukan setiap insan manusia secara pribadi.

aroganitubernamaronaldo

Lebih dari satu dekade ini namanya menjadi buah bibir didunia sepak bola, tepat ketika dia pindah dari klub Portugal Sporting Lisbon ke manchester United. Awal namanya dikenal bukan karena kehebatannya dilapangan meski dia memiliki semua syarat untuk dikenal karena kemampuannya diusia muda, bukan karena dia seorang anak bangsawan yang menjadi pesepak bola, atau bukan pula karena dia membawa nama besar ayahnya yang juga seorang pesepak bola. Seperti halnya Anak dari pemain-pemain yang memiliki nama besar didunia sepak bola sebut saja Enzo Zidane (Anak zidane), Paolo Maldini (Anak dari Cesare Maldini), Kasper Schmeichel (anak dari Peter Schmeichel) dan masih banyak pemain lain yang menyandang nama besar ayahnya.

Namun di tahun 2003 namanya mendadak terkenal karena Namanya adalah “RONALDO”, nama yang sangat tenar pada waktu itu didunia sepak bola, karena nama itu adalah nama seorang salah satu pesepak bola terbaik yang pernah lahir di bumi ini “Ronaldo Nazario da lima” seorang pesepak bola Brazil yang di tahun 2003 juga memenangkan Tropy La Liga bersama Real Madrid, dan ditahun sebelumnya tahun 2002 memenangkan Piala Dunia bersama negaranya di Korea Jepang. Sebuah perkenalan yang sederhana bukan ? Ya..sangat sederhana buat kita, Tapi tidak buat “Ronaldo Palsu” itu.

Apakah “Ronaldo Palsu” itu terobsesi dengan seorang Ronaldo Nazario ? jika membahas itu saya tidak tahu, dan Mungkin tidak akan pernah tahu karena memang “Ronaldo berbeda dengan Ronaldo” meskipun Secara Ejaan kata sama Persis R-O-N-A-L-D-O. Tapi memang sejak lahir “Ronaldo Palsu” itu dibebani oleh ayahnya yang pengagum berat Presiden Amerika Serikat ke-40 (1981–1989) yang lahir pada 6 Februari 1911, Sementara “Ronaldo Palsu” itu 5 Februari 1985, Sama-sama dibulan Februari dan tanggalnya hanya selisih satu hari saja, meski perbedaan tahun yang sangat jauh. Namun ayahnya berharap suatu saat nanti “Ronaldo Palsu” itu akan Seperti “Ronald Reagan” menjadi seorang Pemimpin, Comandan dan juga mendunia tentunya.

Sejarah besar selalu mengiringi “Ronaldo Palsu” itu, Ketika pertama kali datang ke Manchester United “Ronado Palsu” itu meminta Nomor Punggung 28, Nomor punggung yang sama yang digunakannya ketika bermain di Sporting Lisnon. Namun Sir Alex Ferguson (Pelatih Manchester United) pada waktu itu memberikan Nomor punggung 7 untuk “Ronaldo Palsu” itu.

Nomor punggung yang pernah dipakai juga George Best, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham semasa berman di Manchester United. Ferguson bilang ke “Ronaldo Palsu” itu kelak kau akan menyamai mereka (Legenda No 7 di MU) bahkan bisa melebihi mereka, “Ronaldo Cristiano”, Ya..Namanya adalah “CRISTIANO RONALDO DOS SANTOS AVEIRO” yang akrab dipanggil Roonie, Cristiano, Crudo atau CR7.

Selama di di Manchester United Cristiano telah memenangkan 1 Tropy Liga Champions Eropa, 3 Tropy EPL, 1 FA dan 1 Thropy community Shield, secara Pribadi di MU Cristiano memenangkan Top Score EPL 2007-2008, Sepatu Emas Eropa 2007-2008, Gol Terbaik FIFA 2009 (Puskas Award) dan FIFA Ballon d’Or 2008.

Karena Prestasi Gemilangnya itu, Cristiano Ronaldo pernah menjadi alat kampanye Pemilihan Presiden Real Madrid tahun 2009, yang sama sekali gak ada hubungannya dengan Ronaldo dan MU, saat itu Florentino Perez (Calon Presiden Real Madrid) menjanjikan akan mendatangkan Cristiano Ronaldo jika terpilih menjadi Presiden dan ketika Perez terpilih menjadi Presiden Real Madrid, Florentino mendatangkan Cristiano Ronaldo dengan Bandrol pemain Termahal Dunia 80 juta Pounds atau 94 juta euro. Di Real Madrid Ronaldo tetap menggunakan Nomor Keramat Klub yaitu Nomor punggung 7. Nomor punggung ini Pernah juga dipakai para Legenda Real Madrid Seperti Raymond Kopa, Amancio, Juanito Maravilla, Butrageño dan Raúl Gonzalez.

Namun saat itu Ronaldo harus menunggu 1 tahun untuk menggunakan Nomor punggung kesayangannya tersebut karena Nomor punggung 7 saat itu masih dipakai oleh Raul Gonzalez, tepat dimusim 2009-2010 Raul pergi meninggalkan Bernabeu. Sejak itu pula Cristiano menggunakan angka itu.

Bagi Cristiano pemakaian “Nomor 7” tidak hanya bercerita tentang Legenda Real Madrid, tapi juga Brand (Merek) yang sangat kental dengan “CR7”. Di Real Madrid sementara ini Ronaldo telah memenangkan 1 Copa Del Rey, 1 Liga, dan 1 Super Copa de Espana serta secara individual Ronaldo memenangkan Topscore La liga 2010-2011 dan Ballon D’Or 2013.

Prestasi yang membanggakan bagi dirinya, Madridista, Cristianoista dan Rakyat portugal pada umumnya. Cristiano telah menjelma menjadi pesepak bola yang dianggap paling komplit dimana Kaki kiri, kaki kanan dan Kepalanya dianggap sama berbahayanya. Namun dibalik Kesempurnaan Cristiano Ronaldo ini banyak orang yang tidak suka dengan Gesture tubuhnya dilapangan.

Menurut Media Spanyol Marca Cristiano adalah pesepak bola dengan seribu Gesture. Anda tentu tahu dengan Gesture Calma (Ekspresi menenangkan Situasi), Yo Aqui (Ekspresi yang syarat dengan komunikasi ke madridista “aku disini”), Commando (Ekspresi layaknya pemimpin atau Jendral) atau Gesture yang lainnya. Banyak orang menganggap Gesture Cristiano adalah perwujudan Sikap, ekspresi dan jiwa Cristiano sebagai pesebak bola yang sombong dan angkuh.

Mungkin anda pernah Mendengar Komentar ini :

-“Maybe they hate me because I’m too good.” ( Mungkin mereka membenci saya karena saya terlalu baik) – Cristiano Ronaldo 2010

– “Your love makes me strong, your hate makes me unstoppable” (Cinta anda membuatku semakin kuat dan Kebencian anda membuatku tak Terhentikan) – Cristiano Ronaldo 2012

– “They keep booing and whistling at me because I’m handsome, rich and a great player. They envy me.” (Mereka mencemooh dan bersiul kepadaku, karena aku tampan, kaya dan pemain hebat, Mereka iri padaku. ” – Cristiano Ronaldo 2012.

Ada banyak orang memberi kesimpulan bahwa Cristiano sebagai seorang yang sombong, egois, dan Arogan karena komentarnya tersebut. Anda tentu masih ingat bagaimana Cristiano menjawab sindiran Sepp Blatter ? Ketika itu Presiden FIFA Sepp Blatter Berkomentar di sebuah wawancara di salah satu Kampus di Inggris tepatnya di Oxford Union .

Blatter berkomentar : ” Dia (Messi) orang yang baik, dia sangat cepat, dia bersemangat, dia bermain bagus, dia menari, dia seorang pria yang baik, dia anak yang baik Sementara yang lainnya (Cristiano Ronaldo) seseorang yang mengeluarkan biaya lebih untuk penata rambutnya dari yang lain, dia seperti Komando dilapangan” ( Lihat link Youtubenya http://www.youtube.com/watch?v=5sRa9tmU9Yk )” dan Respon Ronaldo: ” Aku sangat menghormati Blatter, berharap dia selalu panjang umur sehingga dia (Blatter) selalu bisa melihat pemain kesayangannya (Messi) bermain) AND YOU SAY HIM AROGAN ?.

Ketika Mourinho berkomentar sinis tentang Cristiano Ronaldo jelang pertandingan persahabatan Real Madrid vs Chelsea di Miami Agustus 2013 lalu, ‪#‎Mourinho‬ : “pemain terbaik yang pernah kulatih adalah Ronaldo, “The Real Ronaldo” (Ronaldo Nazario) pemain yang kulatih ketika aku masih menjadi assisten di Barcelona” (Link Berita harian Inggris The Guardian http://www.theguardian.com/…/cristiano-ronaldo-contract-rea… ) dan respon ‪#‎Ronaldo‬: “Aku tidak akan pernah meludahi tempat piringku Makan” (Artinya Cristiano mengatakan Mourinho banyak membantu dia selama di Real Madrid, dan juga tidak akan pernah membalas semua keburukan yang dialamatkan Mourinho kepadanya” AND YOU SAY HIM AROGAN ?

Cristiano juga aktif dalam kegiatan amal dan misi kemanusiaan misalnya Pasca Tsunami 26 Desember 2004 tepatnya Setelah 21 hari bertahan, penduduk menemukan Martunis (Anak Aceh/Indonesia) pada 15 Januari 2005 dan ada Media Inggris yang meliputnya, kebetulan saat itu Cristiano menonton Tv dirumahnya di Manchester, saat itu Martunis ditemukan menggunakan Jersey Timnas Portugal. Ini kemudian yang menarik simpati Cristiano untuk membantunya, Cristiano kemudian mengusulkan kepada Federasi sepak Bola Portugal untuk mengundang Martunis ke Portugal, dan akhirnya terwujud. Cristiano kemudian membelikan Martunis Rumah dan sejumlah uang untuk biaya pendidikannya serta mengangkat Martunis sebagai anak angkat Cristiano.

Tahun 2013, Ronaldo mendonasikan 100.000 euro uang mengatas namakan UEFA untuk membantu rehabilitasi orang-orang Afghanistan yang kehilangan anggota tubuhnya akibat terkena ranjau darat sebagai efek dari peperangan.

Apakah anda masih ingat dengan Ronald ? pemuda 20 Tahun yang masuk dan memeluk Cristiano Ronaldo di pertandingan Pra-Musim yang mempertemukan Real Madrid Vs Chelsea di Miami Amerika Serikat Agustus 2013 lalu. Ronald saat itu masuk kelapangan ketika pertandingan sedang berlangsung. Dia memeluk Cristiano, Cristiano kemudin membalas hangat pelukan Ronald. Sampai petugas pengamanan pertandingan mengamankan Ronald dan Cristiano bilang pemuda itu “tenang aku disini teman (calma, Yo Aqui Amigo )”.

Kemudian tersenyum bahagia walau diamankan Kepolisisan Miami, malangnya pihak Kepolisian Miami kemudian menahan dan memenjarakan Ronald, dan anda tahu apa yang dilakukan Cristiano ? Begitu mengetahui Ronald ditahan oleh Kepolisian Miami, Cristiano mengirim surat permohonan kepada Kejaksaan Miami untuk membebaskan Ronald dan anda tahu apa yang terjadi ? Ronald dibebaskan dari semua hukuman. (Link Isi surat Cristiano kepada kejaksaan Miami

Di awal Maret 2014 ini Cristiano menolong seorang bayi penderita gangguan Neurologis, Bayi itu bernama Erik Ortiz Cruz (10 Bulan). Awalnya Cristiano hanya memberi bantuan dengan melelang Jersey dan sepatunya untuk pembiayaan pengobatan Erik, ternyata biaya operasi mencapai angka 60.000 ribu euro (950 juta) dan biaya check up 6.000 euro perhari (95 juta). Cristiano akhirnya memutuskan membiaya Seluruh biaya Operasi Erik Ortiz Cruz sampai benar-benar sembuh. Berita terakhir dari Operasi Erik berjalan dengan sukses (Link Berita yang diambil dari harian Inggris Daily Mail.

12 November 2013 lalu Cristiano pernah berjanji di Radio Cope apabila dirinya berhasil meraih Ballon d` Or 2013, Cristiano akan merayakannya bersama penderita leukemia. (Cristiano Ronaldo: “If I win the Ballon d’Or, all of you (children with leukemia) will come to my party!” Pasca terpilihnya Ronaldo menjadi pemain Terbaik Dunia 2013 (Ballon D’Or 2013) Dia langsung memenuhi janjinya tersebut, Radio Cope kemudian bilang Cristiano sangat Mulia.

Cristiano adalah Cristiano, Ketika Pujian dan makian kini dianggap sama saja. Dia rela menjual Sepatu emas yang didapatkannya bersama Real Madrid di tahun 2011 lalu untuk membantu anak-anak Palestina di Jalur Gaza, Dia tidak meminum minum-minuman keras, dibadannya tidak ada Tato dan Dia selalu menyumbangkan darahnya setiap tahun kepada Palang Merah Internasional dan Sampai Saat Ini Arogan itu masih bernama Cristiano ?

Penulis : ANWAR SAMOTH SARAGIH [member PRMI Medan]
Twitter : @anwargigi
FB : https://www.facebook.com/anwar.s.saragih

Penulis: | 15 April 2016 | Gosip Bola