Balthazar, Si Ayam Jago Yang Tidak Diizinkan Meyaksikan Langsung Euro 2016

Bagi pecinta bola, mungkin akan mengenal Balthazar. Dia adalah sejenis maskot yang tidak resmi untuk tim nasional Prancis selama dua dekade ini. Namun, ketika Euro 2016 akan dilaksanakan di negara sendiri, sepertinya si ayam jago ini tidak akan dapat menyaksikannya di stadion.

Nama Balthazar yang merupakan seekor ayam jago, yang menjadi milik dari penggila bola bernama Clement Tomaszewski yang sudah menjadi menyaksikan langsung lebih dari 220 laga internasional sejak tahun 1982, mulai terkenal saat Prancis menjadi juara di Piala Dunia 1998 tepat saat mereka jadi tuan rumah.

Selama 18 tahun, keduanya sudah menyaksikan beragam laga sepakbola. Bahkan Tomaszewski sudah mengganti Balthazar dengan ayam jago lain yang masih tetap membawa nama besarnya tersebut. namun, jelang Euro 2016 ini, dia justru memperoleh surat resmi dari UEFA yang memintanya untuk tidak membawa ayamnya tersebut ke stadion selama partai-partai musim panas mendatang.

Dalam surat resmi tersebut, pihak UEFA memaparkan bahwa petugas keamanan sudah mendapat perintah secara tegas tidak memperbolehkan hewan hidup untuk masuk ke stadion. ” Ayam jago ini merupakan bagian dari perjalanan dunia sepakbola di Prancis. Saya tidak akan menyaksikan bola bersamanya lagi, ” ucap Tomaszewski.

Walau mendapat surat tersebut, Tomaszewski tetap pada pendiriannya tidak akan ikut menonto laga dimana pun, termasuk ketika pembukaan saat tim nasional Prancis melawan timnas Rumania pada tanggal 10 Juni nanti, jika tidak bersama Balthazar.

” Ayam jago ini sudah menemani saya dan akan terlihat di semua laga Prancis untuk Euro 2016 nanti. Jika ia tidak diizinkan masuk ke stadion, maka saya tidak akan ikut menyaksikan pertandingan apapun, ” ucap Tomaszewski yang mengaku sudah memiliki tiket untuk semua laga di Prancis.

Penulis: | 7 Juni 2016 | Berita Piala Eropa