Berikut Pesepakbola Yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Afrika 2016

CAF atau Konfederasi Sepakbola Afrika sudah resmi merilis daftar lima Pemain Terbaik Afrika 2016. Yang mengejutkan adalah ternyata seorang Yaya Toure yang kini merupakan gelandang Manchester City tidak terdapat.

Lima pemain terbaik Afrika 2016 yakni Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund, Sadio Mane dari Liverpool, Riyad Mahrez dari Leicester City, Islam Slimani dari Leicester serta Mohamed Salah dari AS Roma.

Aubameyang sendiri merupakan peraih penghargaan ini di musim 2015 yang lalu. Striker berumur 27 tahun tersebut selalu berupaya menampilkan performa yang menjanjikan dengan Dortmund dan di musim ini sudah mengumpulkan 15 gol dalam 14 laga.

Sementara untuk Sadio Mane yang bermain dengan mengesankan dengan Southampton pada musim lalu. Pemain ini kembali memperlihatkan performa menariknya setelah bergabung dengan Liverpool.

Mahrez sendiri kini menjadi pemain andalan Leicester yang berperan membawa tim menjadi juara Premier League di musim lalu. Dia juga menjadi Pemain Terbaik Premier League yang dipilih langsung oleh rekan-rekannya. Di sisi lain,  Slimani bermain dengan apik dengan Sporting Lisbon sebelum bergabung dengan Leicester di bursa transfer musim panas lalu.

Muhammad Salah kini ada di posisi terbaik karirnya setelah masuk ke Roma di musim lalu. Pemain yang bermain sebagai winger itu sudah membukukan sembilan gol dalam 17 laga di musim ini.

Siapapun pemain yang akan memenangkan penghargaan ini akan dilihat dari hasil voting yang diikuti pelatih kepala dan direktur teknis dari 54 timnas dalam CAF, ditambah anggota komite teknis. Pemenangnya akan diberitahukan di acara yang berlangsung di Abuja, Nigeria, pada 5 Januari 2017 yang akan datang.

Yaya Toure, yang merupakan Pemain Terbaik Afrika sejak tahun 2011-2014, kali ini tidak ada dalam nominasi. Hal ini berkaitan dengan penampilannya bersama City yang selalu dicadangkan oleh Pep Guardiola, walau di akhir pekan lalu sudah kembali merumput di tim inti.

Penulis: | 23 November 2016 | Berita Bola