Chan Yuen-Ting, Pelatih Sepakbola Wanita Pertama Yang Sukses Di Liga Pria

Pada bulan Desember 2015, merupakan bulan yang mengejutkan bagi Eastern, klub asal Hong Kong Premier League. Para petinggi secara resmi menunjuk Chan Yuen-ting menjadi pelatih klub ini. Pelatih sepakbola wanita pertama ini sempat diragukan, akan tetapi dalam 4 bulan, Yuen-ting sukses menjadi pelatih yang berhasil membawa tim menang di Liga Sepakbola pria.

Bukan hanya menjadi berita sensasional yang menyebutkan pelatih sepakbola wanita pertama ini sukses dalam Liga. Chan Yuen-ting juga merupakan pelatih termuda yang menang dengan gelar Hong Kong Premier League yang membawa Eastern juara di usia 27 tahun.

Chan memulai debut karirnya sebagai analis data bersama klub TSW Pegasus tahun 2010 yang lalu. Dia menjadi salah satu dari sedikit pelatih Hong Kong dengan lisensi A AFC. Sebelumnya, Chan juga berhasil membawa Sun Pegasus menjadi juara U-18 pada musim sebelumnya.

Prestasinya selain menjadi pelatih Eastern, diantaranya tercatat berlaga untuk Sha Tin di kompetisi Liga Wanita Hong Kong. Ia juga pernah masuk dalam Timnas Hong Kong. Uniknya, karir yang dikerjakannya kini sangat jauh dari latar belakang akademinya, yakni seorang lulusan geografi.

” Saya sangat senang dan bahagia dengan dunia sepakbola, sampai-sampai tesis saya mengenai tentang sepakbola, walau sebenarnya saya memiliki jurusan geografi, ” ucap Chan. Dia juga menceritakan jika rasa cintanya kepada sepakbola sempat tidak disetujui oleh orang tuanya yang malah ingin melihatnya sebagai seorang guru. Namun, hal tersebut malah tidak membuat Chan Yuen-ting putus asa dan menyerah dengan pilihan karir di dunia sepakbola.

” Orang tua saya menginginkan saya dapat berkarir sebagai guru karena ingin melihat masa depan saya lebih baik. Akan tetapi, tujuan saya untuk sepakbola serta beragam prestasi dapat mengubah pemikiran mereka. Kini mereka sangat mendukung pilihan saya ini, apalagi setelah melihat kini saya berada di Hong Kong Premier League, ” tutup Pelatih sepakbola wanita pertama ini.

Penulis: | 26 April 2016 | Berita Bola