David De Gea Dan Iker Casillas, Siapa Pilihan Del Bosque?

Kinerja David De Gea sebagai kiper sepertinya lebih unggul dari seniornya, Iker Casillas. Hal ini terlihat saat dia menjadi starter dalam laga di Piala Eropa 2016 yang kemudian dimenangkan oleh timnas Spanyol atas timnas Republik Ceko. Hal ini menimbulkan tanda tanya, siapa yang akan menjadi kiper La Furia Roja ketika berhadapan dengan Turki.

David De Gea tampil menawan saat laga yang dimenangkan timnas Spanyol dengan skor 1-0 atas timnas Republik Ceko pada laga perdana yang dihelat di Stadion Municipal, Toulouse, Senin (13/6/2016). Kiper Manchester United ini melakukan tiga kali penyelamatan pada gawang mereka, salah satunya saat Vladimir Darida melakukan serangan krusial.

Walau menurunkan De Gea, pelatih Spanyol yakni Vicente del Bosque belum menentukan siapa yang akan dia jadikan sebagai kiper utama Spanyol di Piala Eropa 2016 ini. Hal ini juga sempat diperdebatkan oleh para pendukung El Matador yang menilai jika Iker Casillas memang sudah saatnya diganti.

Selain karena faktor usia, performa Casillas disebutkan tengah menurun selama beberapa musim terakhir ini. Musimnya bersama Porto mengalami kemerosotan. Di sisi lain, David De Gea tampil maksimal bahkan kini masuk dalam tim inti MU.

Saat ini, Spanyol akan berhadapan dengan timnas Turki pada laga grup yang kedua. Laga ini akan dilaksanakan di  Stadion Allianz Riviera, Nice, Sabtu (18/6) dini hari WIB nanti. Namun, lagi-lagi Del Bosque masih belum memberikan kepastian terkait kiper utama Spanyol. Menurutnya, Iker Casillas menjadi pemain yang aktif memberikan dukungan untuk timnas di bangku cadangan.

“ Menurut saya, ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakan siapa yang akan berperan di laga nanti. Pada waktunya nanti, Anda akan melihat. Perdebatan seperti ini selalu ada di dunia sepakbola dan itu tidak begitu buruk. ” papar Vicente del Bosque.

Penulis: | 15 Juni 2016 | Berita Piala Eropa