Francesco Totti, Pesepakbola Dunia Yang Selalu Muda

Hanya sedikit pesepakbola dunia yang dapat bermain di usia 40 tahun dengan performa yang masih panas. Namun, Francesco Totti menjadi pemain yang dapat membuktikannya. Ini yang menjadikannya contoh untuk para pemain muda sekarang ini.

Menurut Marcos Cafu, mantan bek timnas Brasil, Francesco Totti membuktikan bahwa umur bukanlah halangan untuk tetap tampil baik dan menunjukkan permainan tingkat tinggi, walau usianya sudah memasuki angka 40 tahun bulan September yang lalu.

Walau dengan waktu berlaga di lapangan yang sudah terbatas, Totti tetap dapat memperlihatkan peranannya secara nyata untuk timnya. Dari enam laganya dengan AS Roma sampai saat ini, dia menciptakan dua gol dan melakukan empat assist.

Selain di tengah lapangan, Totti juga tetap menjadi pemimpin di Giallorossi. Walau begitu, pesepakbola dunia ini dapat memberi pengaruh untuk para pemain muda, baik untuk perkembangan dan permainan mereka.

Namun, Cafu tidak melihat hal tersebut, Totti justru akan menjadi semangat baik pemain lainnya untuk berprestasi dan memiliki peranan penting di klub masing-masing. ” Seorang juara akan menjadi juara dan orang-orang mengingatnya karena dia pemain kelas dunia dan kapten, ” katanya.

Totti memang hanya menang satu Scudetto dengan AS Roma, di tambah dua gelar Coppa Italia dan dua gelar Piala Super Italia. Dia juga mendapatkan satu medali juara Piala Dunia dengan timnas Italia. Salah satu hal yang paling penting darinya adalah profesionalisme, khususnya dalam menjaga kesehatan dan tubuh yang terawat.

” Tentu saja, saya menilai dia adalah pemain yang profesional dan teliti dengan kondisi tubuhnya, dia juga tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti. Francesco Totti adalah pemain dunia yang harus dihargai, ” tandas Marcos Cafu.

Penulis: | 13 Oktober 2016 | Liga Italia