Gianluigi Buffon, Kiper Pertama Peraih Golden Foot Award

Kali pertama dalam sejarah olahraga, penghargaan Golden Foot Award diberikan pada seorang kiper. Dia adalah Gianluigi Buffon. Kiper yang mendapat perhargaan tersebut di musim ini.

Gianluigi Buffon mendapatkan Golden Foot Award itu setelah berhasil menang dari pesepakbola dunia, seperti Cristiano Ronaldo, Messi, Pirlo, juga Wayne Rooney. Perhelatan acara ini dilaksanakan di Monako, pada Selasa (11/10) waktu setempat yang diberikan langsung oleh Pangeran Albert II.

Buffon berhak dengan piala tersebut karena dinilai memiliki performa yang apik selama musim lalu ketika membawa Juventus mendapat gelar Scudetto untuk kelima kalinya dan Coppa Italia. Selain itu, kiper dunia berusia 38 tahun itu juga menjadi kapten Italia di Piala Eropa 2016 sebelum kalah dari Jerman.

Selain menjadi kiper dunia pertama, Buffon juga menjadi pemenang keempat dari Italia, setelah diperoleh Roberto Baggio di tahun 2003, Alessandro Del Piero di tahun 2007, dan Francesco Totti di tahun 2010. Italia saat ini menjadi negara paling banyak mendapatkan award tersebut.

” Saya dapat memenangkan penghargaan ini lebih lagi untuk ke depannya. Saya rasa saya memang layak memperoleh kepercayaan ini, ” ujar Buffon.

Penghargaan Golden Foot Award ini diberikan untuk para pesepakbola dengan usia minimal 28 tahun. Pemain yang sudah pernah mendapatkan piala ini tidak diperbolehkan untuk masuk sebagai kandidat pilihan lagi, perolehan pemenang dilihat dari voting yang dilakukan oleh fans lewat situs resmi.

Dilaksanakan sejak tahun 2003 yang lalu, Golden Foot saat ini sudah masuk dalam perhelatan ke-14 kalinya. Baggio merupakan penerima pertama ketika masih memperkuat Brescia, sementara itu, Samuel Eto’o menjadi pemenang di tahun yang lalu.

Penulis: | 12 Oktober 2016 | Berita Bola