Hasil Laga Grup E Di Euro 2016 : Belgia Vs Italia

Laga kedua di Grup E Euro 2016 sudah menampilkan aksi timnas Belgia kontra timnas Italia. Laga ini berlangsung di Stade des Lumieres di hari Selasa (14/06). Walau terlihat defensif, Italia bermain di luar dugaan, mereka menang dengan skor 2-0 atas Belgia yang lebih diprediksi akan menang. Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle menjadi duo yang mengancam Belgia saat itu.

Laga berjalan dengan sangat cepat dan menekan. Baik timnas Italia dan timnas Belgia menampilkan keinginannya untuk menghasilkan skor dengan cepat demi membuka peluang mereka menjalani sisi laga. Belgia bermain dengan mengandalkan dominasi bola. Sementara di tim lawan, Italia lebih terlihat menanti bola dari lawan.

Italia mulai menekan dengan melakukan serangan balik dengan cepat. Perubahan permainan secara instan memang menjadi khas Antonio Conte yang semakin membuat mereka lebih efektif. Walau tak banyak mendapat bola, Italia justru berpeluang bermain dengan cara berbahaya.

Setelah mencoba beberapa kali kesempatan, Italia akhirnya dapat unggul lebih dulu di menit ke-32. Emanuele Giaccherini, pemain yang memanfaatkan umpan jitu dari Leonardo Bonuci. Umpan apik tersebut dapat melewati semua lawan dan mengenai ke Giaccherini. Menjaga bola dengan teratur dan terarah membuat Italia unggul 1-0 dan bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Italia mencoba bermain dengan perlahan. Akan tetapi, upaya tersebut tidak menghasilkan dan malah menjadikan lini pertahanan mereka mudah dibobol. Belgia akhirnya dapat memperoleh beberapa kesempatan emas, salah satunya melalui Romelu Lukaku.

Belgia semakin menambah gerakan mereka mendekati akhir laga. Serangan demi serangan dilakukan menuju gawang Gianlugi Buffon, walau ujung-ujungnya tidak membuahkan hasil. Di penghujung laga, Italia justru menambah skor setelah Graziano Pelle mendapat umpan manis dari Antonio Candreva. Laga diakhiri dengan skor 2-0.

Hasil ini menjadikan Italia menjadi peringkat pertama di klasemen sementara Grup E Euro 2016 dengan tiga poin, sementara untuk Belgia menempati dasar klasemen. Peringkat kedua dan ketiga, ada Swedia dan Irlandia yang bermain dengan hasil imbang.

Timnas Belgia dengan pemainnya, yakni Courtois, Ciman, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen, Fellaini, Witsel, Nainggolan, De Bruyne, Hazard, R. Lukaku.

Timnas Italia dengan susunan pemainnya, yakni Buffon, Barzagli, Chiellini, Bonucci, Candreva, Parolo, De Rossi, Giaccherini, Darmian, Pelle, Eder.

Penulis: | 14 Juni 2016 | Berita Piala Eropa