Ini Rahasia Klopp Untuk Menjadi Pelatih Jenius

klopp

Kemahsyuran nama Jurgen Klopp memang tiada duanya, setidaknya untuk pada penggemar klub The Reds, Liverpool. Para fans Liverpool menaruh harapan yang begitu besar dan mendalam kepada Klopp. Tujuannya jelas, membawa Liverpool kembali ke masa kejayaan, minimal merengkuh trofi Liga Primer Inggris.

Sudah menjadi rahasia umum jika Klopp merupakan salah satu pelatih yang memiliki otak jenius dalam meramu tim. Ini telah ia buktikan dengan prestasi mentereng untuk Dortmund dulu.

Sejauh ini racikan Klopp untuk Liverpool, masih belum maksimal. Liverpool hanya meraih dua hasil seri dari dua laga dibawah asuhan Klopp. Hasil seri juga tak jelek-jelek amat. Klopp mengatakan bahwa mendapatkan hasil bagus tidak bisa dilakukan secara instan. Klopp masih meminta pihak manajemen dan seluruh fans untuk bersabar. Membawa kejayaan bukanlah semudah buang ludah sembarangan di jalanan.

Klopp lantas mengatakan bahwa pelatih dalam sepakbola modern tidak bisa menciptakan rencana jenius, kecuali jika didukung para pemain yang jenius juga. Klopp lantas menyebut rencana jenius perlu deretan pemain seperti yang dimiliki Barcelona atau Bayern Munchen. Mungkin ini kode buat manajemen Liverpool untuk menyiapkan dana melimpah untuk belanja pemain top musim dingin mendatang.

Namun klopp yakin jika dirinya akan mampu memberikan yang terbaik untuk Liverpool. Tentu tidak dalam waktu yang super singkat. Klopp sendiri baru bergabung beberapa pekan lalu. Mustahil rasanya jika dalam waktu yang super singkat Klopp atau pelatih lain bisa menyulap sebuah tim langsung menjadi tim juara. Seperti kata Klopp, semuanya perlu waktu. Tugas Liverpool adalah mendukung dan bersabar, maka hasilnya akan terlihat. Semoga saja!

Penulis: | 25 Oktober 2015 | Berita Bola