Kasus Lama Mencuat, Conte Terancam Masuk Penjara

Pelatih timnas Italia sekaligus calon pelatih Chelsea di musim yang akan datang, Antonio Conte terancam hukuman selama enam bulan penjara. Hal ini dikarenakan tuduhan Conte yang mengetahui terdapatnya tindakan percobaan pengaturan skor, akan tetapi tidak melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

Pertandingan tersebut adalah pada saat pertemuan Albinoleffe berhadapan dengan Siena pada musim 2010-11. Saat itu Antonio Conte merupakan pelatih dari Siena. Pelatih timnas Italia yang kini sedang sibuk mengurus timnasnya jelang Piala Eropa 2016 ini sepertinya akan semakin sibuk dengan kasus yang menjeratnya ini.

Jaksa penuntut yang bertugas dalam kasus ini, yakni Roberto di Martino mengajukan tuntutan dan memohon agar hakim segera memberikan hukuman pada Conte, yakni enam bulan penjara plus denda 8.000 euro. Dalam hal ini, Conte memilih untuk menjalani pengadilan secara cepat.

Memiliki dengan cara pengadilan cepat membuat Pelatih timnas Italia itu tidak akan dapat memberikan bukti selama pengadilan berlangsung. Hakim kemudian akan memutuskan berdasarkan pada persidangan yang pertama kali dilakukan. Dengan memilih cara ini, Conte juga hanya akan ikut dalam persidangan dengan sepertiga dari hukuman yang diberikan hakim, jika memang dia secara hukum dinyatakan bersalah.

Akan tetapi, bukan berarti pelatih timnas Prancis tersebut akan menerima semua keputusan yang diberikan hakim nantinya. Ia masih dapat melakukan banding jika nantinya vonis yang diberikan hakim tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya.

Antonio Conte sebenarnya sudah menyelesaikan hukuman larangan ikut bersama timnya selama empat bulan di tahun 2010 lalu. Namun, dianggap mengetahui terdapat upaya pengaturan skor oleh pemainnya memuat kasus ini kembali mencuat. Tetapi dari awal, Conte secara konsisten menegaskan jika dia tidak tahu menahu mengenai hal tersebut dan ingin kasus ini cepat selesai sebelum Piala Eropa 2016 berlangsung.

Penulis: | 14 April 2016 | Berita Bola