Kenang Maldini, Duka Mendalam Bagi Sepakbola Italia

Dunia Sepak Bola, terutama Italia berduka atas meninggalnya Cesare Maldini yang merupakan legenda sepakbola Italia. Ini merupakan berita yang menyesakkan bagi dunia sepakbola setelah belum lama ini kehilangan Legenda Belanda yakni Johan Cruyff. Maldini meninggal pada hari Minggu di tanggal 3 April 2016 tepat saat berusia 84 tahun.

Cesare Maldini lahir di tahun 1932 di Trieste. Legenda sepakbola Italia ini juga menjadi ayah dari pesepakbola ternama di AC Milan yakni Paolo Maldini. Maldini juga yang menjadi orang yang menggagas dan dapat membuat Piala Liga Champions di tahun 1963 dikenal khalayak ramai.

Sepanjang berkarir di dunia sepakbola, beliau hanya bermain untuk tiga Klub saja, diantaranya yakni di Triestina pada tahun 1952–1954, di AC Milan pada tahun 1954–1966, dan Torino pada tahun 1966–1967. Kariernya semakin meningkat di Milan dengan memperoleh empat gelar Serie A di empat musim. Selain itu, dia memperoleh satu Piala Liga Champions musim 1962/63, dan Latin Cup 1956.

Ayah dari Paolo Maldini tersebut memulai karir profesionalnya setelah tidak bermain dalam klub tersebut lagi. Maldini mulai masuk dalam dunia pelatih. sebagai awal karirnya, beliau memulai menjadi asisten pelatih untuk klub AC Milan. Setelah itu, beliau menjadi pelatih timnas Italia U-21 pada tiga tahun yaitu 1992, 1994, dan 1996. Maldini menjadi pelatih yang mengorbitkan Fabio Cannavaro, Gianluigi Buffon, dan Francesco Totti.

Di tahun 1996, Maldini terpilih menjadi pelatih tim nasional Italia, yang sebelumnya dijabat oleh Arrigo Sacchi. Beliau berhasil membawa tim menuju Piala Dunia 1998. Gli Azzurri masuk dalam babak perempat final di mana mereka akhirnya harus kalah dari tuan rumah Prancis di perempat final melalui adu penalti.

Setelah itu, Cesare Maldini memilih menjadi pelatih tim nasional Paraguay tahun 2001. Maldini juga berhasil membawa tim menuju peringkat ke 16 di Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Pada level klub, Cesare juga pernah membawa Foggia, Ternana dan Parma. Kiprah dan prestasinya sebagai legenda sepakbola Italia tidak akan pernah terlupakan. Selamat jalan Cesare Maldini.

Penulis: | 5 April 2016 | Berita Bola