Kick-Off Piala Eropa 2016, Timnas Prancis Akan Hadapi Timnas Rumania

Tim nasional Prancis memiliki rekor yang baik ketika menjadi tuan rumah dalam setiap turnamen sepakbola dunia. Hal ini juga membuat Prancis diunggulkan sebagai juara di Piala Eropa 2016, khususnya saat Les Bleus berhadapan dengan timnas Rumania di laga pembuka.

Pada Sabtu (11/6/2016), dini hari nanti tepatnya pukul 02.00 WIB, Piala Eropa 2016 akan resmi dibuka. Merupakan kick-off di ajang empat tahunan ini adalah laga antara tuan rumah, tim nasional Prancis, dengan timnas Rumania di Stade de France.

Prancis kini ada di posisi teratas timnas yang diunggulkan untuk menjadi pemenang. Walau tidak masuk dalam fase kualifikasi, tim asuhan Didier Deschamps tersebut tampil sangat percaya diri dalam beberapa laga ujicoba, termasuk sukses di empat laga terakhir.

Para suporter Prancis pasti sangat yakin jika timnasnya akan memperoleh hasil yang bagus di tahun ini. Pada dua peluang terakhir jadi tuan rumah di turnamen sepakbola mayor, mereka mendapatkan gelar juara, yakni pada Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1998.

” Setiap negara memiliki budaya yang berbeda. Hal itu yang mungkin tidak menolong Brasil pada Piala Dunia 2014, namun di sini penonton akan mendukung dengan dukungan yang besar. Kami hanya mempergunakan kesempatan dan meraih kemenangan, ” ucap kapten Hugo Lloris.

Prancis memang tidak akan diperkuat oleh pemain seniornya, Karim Benzema karena kasus hukumnya, sementara Lassana Diarra, Mathieu, Mamadou Sakho dan lainnya berhalangan untuk ikut serta. Namun, kekuatan Prancis tetap tangguh dengan adanya Kingsley Coman, Dimitri Payet, Antoine Griezmann dan Paul Pogba dengan Anthony Martial adi bangku cadangan.

Untuk timnas Rumania, terdapat Costel Pantilimon dan mantan bek Tottenham Hotspur, yakni Vlad Chiriches. Rumania adalah tim dengan jumlah caps yang terendah di antara kontestan turnamen sepakbola dunia. Namun, bukan berarti timnas ini menjadi lawan yang mudah kalah. Asuhan Anghel Iordanescu ini terkenal dengan lini belakang yang sangat tangguh.

Prancis dalam 10 laga melawan Rumania memegang tim tak terkalahkan. Akan tetapi, dalam lima laga, empat di antaranya seri. Kesuksesan terakhir Rumania atas Prancis terjadi di April 1972, saat laga ujicoba di Bucharest dengan skor 2-0.

Ini merupakan laga ketiga tim nasional Prancis dan timnas Rumania di Piala Eropa 2016, di mana semuanya ada dalam fase grup. Di dua laga sebelumnya usai dengan satu gol. Prancis berhasil dengan skor 1-0 di Piala Eropa 1996, dan imbang tanpa gol di Piala Eropa 2008.

Penulis: | 10 Juni 2016 | Prediksi Euro 2016