La Liga Kembali Proses Kasus Transfer Neymar

Kasus transfer Neymar kembali dibuka dan diproses oleh otoritas La Liga. Penyelidikan kali ini akan lebih memperhatikan masalah kesepakatan yang menjadikan pengambilan keputusan hukum masalah ini sempat terhenti.

Barcelona dinilai sudah melakukan penggelapan pajak mengenai transfer Neymar dari Santos yang terjadi di tahun 2013 lalu. penyelidikan tersebut kemudian dilanjutkan oleh beberapa pihak yang berkaitan di Spanyol dan Brasil.

Dalam prosesnya, Barca mengungkapkan sudah berbuat kesalahan dalam membayar pajak tersebut. Blaugrana lalu mendapat hasil kesepakatan dengan jaksa di bulan Juni lalu dengan melunasi denda sebesar 5,5 juta euro atau sekitar Rp 81 miliar. Dengan melunasi denda itu, Barca tidak akan terkena penuntutan atas penggelapan pajak.

Namun, otoritas La Liga kembali memproses kasus ini. Mereka akan melakukan penyelidikan terkait kesepakatan yang dilakukan Barca bersama pihak jaksa.

” Dengan adanya laporan yang sudah beredar di media, La Liga dengan ini mengatakan sebuah sidang informatif akan dilaksanakan dengan FC Barcelona mengenai pembicaraan yang mereka lakukan diantara direksi klub dan Kejaksaan Spanyol mengenai kasus ini, ” konfirmasi pihak Liga.

Kasus transfer Neymar tersebut, menjadikan Sandro Rosell akhirnya mengundurkan diri dari posisinya sebagai Presiden Barca di awal tahun 2014 yang lalu.

Penulis: | 16 September 2016 | Liga Spanyol