Lima Pelatih Terbaik Liga Champions Sepanjang Masa

Musim ini merupakan musim yang sangat penting dalam Liga Champions. Babak final musim ini dilaksanakan di Stadion Millenium dan menjadi perayaan ulang tahun ke-25 setelah ajang ini diubah di tahun 1992 silam.

Selama perhelatan Liga ini, banyak pelatih yang dapat membawa timnya menjadi juara. Bahkan, terdapat beberapa pelatih yang tangguh yang dapat membawa timnya menang lebih dari sekali. Berikut lima pelatih terbaik Liga Champions sepanjang masa.

  1. Jupp Heynckes

jupp-heynckes

Pelatih dari Jerman ini membawa Real Madrid menuju kemenangan dengan perolehan trofi Liga Champions pertama di tahun 1998 setelah 32 tahun hanya mendapat Piala Eropa. Walau begitu, Heynckes hanya satu musim di Santiago Bernabeu.

Kemenangan selanjutnya Heynckes didapat 15 tahun kemudian ketika bersama Bayern Munchen. Mereka bahkan mendapatkan treble pertama dan menjadi Liga kelima untuk klub Bavaria. Tim ini juga berhasil melawan Barcelona di laga kandang dan tandang.

  1. Sir Alex Ferguson

sir-alex-ferguson

Memperoleh trofi Champions di tahun 1999 dan menjadi treble pertama dalam sepakbola Inggris, Ferguson menang di Eropa di tahun 2008.

  1. Josep Guardiola

Josep Guardiola

Guardiola menjadi pelatih terbaik Liga Champions yang berhasil mengalahkan Sir Alex Ferguson di tahun 2009 dan 2011. Ia menjadikan Barca sebagai salah satu klub tangguh dengan pesepakbola terbaik, seperti Xavi, Lionel Messi, dan Andres Iniesta. Pelatih dari Spanyol itu juga membawa Bayern Munchen masuk ke babak semifinal tiga kali, yakni 2014 dan 2016.

  1. Jose Mourinho

jose-mourinho

Sukses bersama Porto yang menjadi juara di tahun 2004 dan meruntuhkan Manchester United bersama Sir Alex Ferguson. Mourinho lalu mendapatkan treble pertama bersama Italia dengan Inter Milan. Menang atas Barcelona di tahun 2010.

  1. Carlo Ancelotti

carlo-ancelotti

Inilah pelatih terbaik Liga Champions yang berhasil memenangkan trofi liga ini dan Piala Eropa terbanyak. Carlo Ancelotti menjadi pelatih yang menang dua kali bersama AC Milan dan Piala Eropa ke-10 untuk Real Madrid di tahun 2014. Saat ini, Ancelotti ada di Bayern Munchen.

Penulis: | 15 September 2016 | Liga Champions