Manchester City Semakin Menurun, Pep Guardiola Tak Takut Dipecat

Manchester City sepertinya harus menahan kecewa setelah kalah dengan skor 2-4 oleh Leicester City dalam laga yang dilaksanakan di King Power Stadium, pada Minggu 11 Desember 2016 yang lalu, sebagai laga Liga Inggris. Kegagalan tersebut menjadikan City harus berada di posisi ke-4 klasemen sementara.

Pelatih Manchester City, yakni Pep Guardiola kini mengungkapkan bahwa dirinya masih membutuhkan momen dalam mengerti jalannya kompetisi Liga Inggris. Tapi, mantan pelatih Barcelona ini kini mulai ragu setelah menyaksikan timnya yang menurun di klasemen dengan perolehan tujuh poin selisih dari Chelsea.

Situasi ini bukan tidak mungkin akan mempengaruhi tempatnya sebagai pelatih. Dia dapat saja sewaktu-waktu dikeluarkan dari The Citizens jika kondisi ini semakin buruk. Sampai saat ini, Pep Guardiola memang belum terdengar akan diberhentikan, namun jika dirinya dan tim semakin terpuruk, bisa saja pihak manajemen mengeluarkannya segera.

“ Saat Anda tidak dapat berhasil, pasti ada alasan, seperti mungkin lawan yang sulit. Saat Anda melakukan kesalahan, Anda harus belajar dan segera meraih kemenangan di laga. Saya optimis tersebut. ” ucapnya.

Walau begitu, Guardiola tetap mengungkapkan rasa percaya dirinya bisa mengubah laju timnya ke depan. Guardiola memang dinilai hilang arah. Buktinya, City sudah tiga kali kalah dalam tiga laga terakhir. Yang lebih parah, gawang The Citizens kemasukan sebanyak delapan gol.

Saat kali pertama datang, Guardiola menjadi pelatih yang menjanjikan dengan perubahan dinamis pada David Silva dan rekan-rekannya. Hal ini terlihat dalam catatan sepuluh kesuksesan yang mereka dapatkan di semua ajang.

Pelatih ini juga secara tegas mengatakan bahwa hal ini tidak ada hubungannya dengan sistem permainan yang dia terapkan. Manchester City memang berlaga dengan tiga bek dan hal ini menjadikan mereka gagal menahan serangan balik.

” Kegagalan ini tidak ada kaitannya dengan skema laga yang kami pakai. Kami tidak tangguh di dalam hal pertahanan sejak awal laga. Saya akan melihat hal ini dan bukan berarti mengganti pemain baru saya, ” tutupnya.

Penulis: | 14 Desember 2016 | Liga Inggris