Mantan Pelatih Timnas Nigeria Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti Afrika hari ini. Stephen Keshi, mantan pesepakbola sekaligus pelatih timnas Nigeria, baru saja diberitakan meninggal dunia di usianya yang ke-54 tahun. Keshi meninggal karena cardiac arrest atau fungsi jantung yang terhenti secara tiba-tiba di Benin City, Nigeria, pada Rabu (8/6/2016).

Stephen Keshi meninggalkan empat orang anak. Istrinya, yakni Kate, sudah lebih dulu meninggal karena penyakit kanker pada Desember 2015 lalu. Hal ini diungkapkan oleh Emmanuel Ado selaku juru bicara keluarga mereka, ” Keshi sudah menyusul istrinya selama 35 tahun, yakni Nyonya Kate Keshi, yang telah berpulang pada 9 Desember 2015, ” jelasnya.

Ketika masih aktif menjadi pesepakbola, Keshi merupakan pemain di lini belakang sudah ikut dalam 64 kali laga bersama timnas Nigeria. Dia merupakan bagian dari pemain inti dan andal negaranya bersama dengan Finidi George, Rashidi Yekini, Jay-Jay Okocha, dan pemain emas lainnya.

Keshi sudah ikut memperkuat timnas negaranya yang menjadi juara di Piala Afrika 1994. Pada tahun yang sama, dia merupakan kapten tim Nigeria pada Piala Dunia yang dilaksanakan di Amerika Serikat.

Setelah pensiun, Keshi aktif menjadi pelatih. Keshi berhasil membawa timnas Togo ke babak final Piala Dunia 2006. Akan tetapi, sebelum babak final berlangsung, dia dipecat dan digantikan oleh Otto Pfister. Keshi kemudian kembali menjadi pelatih untuk timnas Mali selama dua tahun, karena tak berhasil membawa prestasi.

Di tahun 2011, dia kembali menjadi pelatih timnas Nigeria. Dua tahun kemudian, dia membawa timnya menjadi juara Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan. Dia merupakan orang kedua yang berhasil membawa juara Piala Afrika sebagai pemain dan pelatih, seperti Mahmoud El-Gohary dari Mesir.

Stephen Keshi kembali membawa Nigeria ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Setelah Nigeria kalah dari Prancis, Keshi memilih untuk mundur, namun kembali menjadi pelatih. Juli 2015, dia akhirnya memilih pensiun menjadi pelatih timnas Nigeria setelah kontraknya tidak diperpanjang lagi.

Penulis: | 8 Juni 2016 | Berita Bola