Oblak, Kiper Andalan Penyelamat Atletico

Ketika Atletico Madrid dapat menghambat Bayern Munich pada babak semifinal Liga Champions, terdapat satu pesepakbola yang terlihat menonjol yang berdiri di bawah mistar gawang. Dia adalah Jan Oblak, pemain yang dengan penyelamatan yang menarik.

Ketika menjalani laga di Allianz Arena, pada Rabu (4/5/2016) dinihari WIB tadi, Atletico Madrid memang tidak berhasil karena laga usai dengan skor 1-2 atas Bayern Munich. Akan tetapi, dengan skor akhir tersebut sudah cukup bagi Los Colchoneros masuk ke babak final Liga Champions nanti.

Selain Antoine Griezmann, Jan Oblak menjadi kiper Atletico yang menarik perhatian. Oblak adalah kiper di gawang Atletico. Oblak menciptakan sembilan kali penyelamatan di sepanjang laga berlangsung. Salah satu penyelamatan yang paling menarik adalah saat dia memblok eksekusi penalti dari Thomas Mueller.

Ini merupakan jumlah terbanyak dari kiper tim asal ibukota Spanyol tersebut dalam satu pertandingan Liga Champions. Selain itu, Oblak juga sudah membukukan 30 penyelamatan dari total 31 percobaan on target yang mengenai gawang Atletico Madrid untuk semua laga di seluruh kompetisi.

Penampilan Oblak yang sangat baik, juga terlihat di Liga Spanyol. Kiper yang berasal dari Slovenia tersebut dapat membawa Atletico menjadi tim dengan hanya 16 kali kebobolan dalam 36 laga. Ini merupakan hasil yang sedikit. Untuk La Liga, Oblak sudah melakukan 75 kali penyelamatan dengan torehan 23 kali clean sheet.

Jani Pate, pelatih Oblak ketika masih saat berada di Liga Slovenia dengan Olimpija, memaparkan bahwa kiper 23 tahun tersebut memiliki semua bakat untuk menjadi kiper hebat di sepakbola dunia. ” Jan Oblak memiliki semua hal yang diperlukan seorang penjaga gawang untuk masa sepakbola sekrang. Selain itu, saya sangat tidak menduga dengan kemampuan dan kemajuannya. Diusianya yang masih sangat muda, dia dapat masuk ke tim utama Olimpija, dia juga disiplin dan mengikuti semua arahan, ” ujar Pate.

Penulis: | 4 Mei 2016 | Berita Bola