Paul Le Guen Resmi Menjadi Pelatih Baru Nigeria

Timnas Nigeria kini memiliki pelatih yang baru. Mereka akan segera bersiap masuk ke babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 mendatang. Pelatih baru Nigeria ini adalah mantan manajer Lyon dan Timnas Kamerun, yakni Paul Le Guen.

Tepat di bulan Mei kemarin, timnas Nigeria tidak memiliki pelatih tetap. Untuk sementara mereka diasuh oleh Salisu Yusuf, setelah Sunday Oliseh mengundurkan diri bulan Februari lalu. Setelah melakukan kesepakatan dan diskusi, akhirnya petinggi timnas memilih Paul Le Guen dari beberapa calon pelatih yang dipilih, seperti Tom Sainfiet dan Salisu Yusuf.

Menjadi pelatih yang baru, Le Guen mempunyai tugas yang cukup berat yakni wajib membawa Nigeria lolos ke Piala Dunia 2018. Dengan Yusuf, Le Guen akan membina si Elang Super berlaga dengan negara-negara dengan tim yang tangguh, diantaranya Aljazair, Kamerun, dan Zambia.

Paul Bassey, selaku anggota federasi sepakbola Nigeria menuturkan bahwa Le Guen yang menjadi Pelatih baru Nigeria akan ditemani oleh Yusuf, Amakapabo, dan Rangers, diharapkan akan menjadikan timnas semakin membaik dan lolos babak klualifikasi turnamen dunia ini.

Walau begitu, Le Guen diharapkan tetap waspada, mengingat alasan Oliseh mengundurkan diri dari Nigeria awal tahun ini karena permasalahan gaji yang selalu telat dibayar, bahkan gaji Oliseh disebut-sebut tidak diberikan dalam beberapa bulan. Tetapi, pihak federasi telah berjanji akan memberikan hak Le Guen dengan penuh dan tepat waktu.

Paul Le Guen sendiri tercatat menjadi pelatih Oman yang dipecat November tahun lalu karena dinilai tak mencapai taget. Namanya tenar setelah membawa Lyon menjuarai juara Ligue 1 dan kamerun di Piala Dunia 2010.

Tahun ini, para pemain timnas Nigeria memang sedang menurun setelah tim menjadi juara Piala Afrika 2013 yang kemudian gagal melanjutkan kemenangan di tahun 2015 serta kualifikasi 2017. Negara ini kini bertengger di peringkat ke-70 di ranking FIFA, hanya selisih sedikit dari peringkat terbawah, yakni 82.

Penulis: | 19 Juli 2016 | Berita Bola