Peter Bosz, Pelatih Baru Ajax

Ajax Amsterdam sepertinya akan membuka lembaran baru dengan pelatih baru Ajax yang akan menggantikan posisi Frank de Boer. Dia merupakan mantan gelandang timnas Belanda, yakni Peter Bosz. Posisi tersebut memang belum ada yang mengisi setelah perginya Frank De Boer akhir musim 2015/2016 ini. Frank diprediksi akan masuk dalam kancah Premier League dan Everton kemungkinan akan menjadi tujuannya.

Sebagai gantinya, Ajax telah memilih Peter Bosz yang akan menjadi pelatih baru Ajax dan akan membawa timnya dalam tiga musim. Menariknya, selama dia masih menjadi pemain bola, Bosz justru merupakan pemain yang ada di salah satu tim rival Ajax Amsterdam, Feyenoord.

” Ini merupakan momen yang baik untuk saya untuk memulai menjadi pelatih. Saya sangat antusias, begitu halnya dengan Ajax, ” paparnya. Sejatinya, Bosz baru Januari lalu menjadi pelatih tim Israel, Maccabi Tel Aviv. Dia sukses dengan Maccabi yang menjadi tim tak terkalahkan di Liga Israel dengan 14 kesuksesan dan tiga kali imbang di 17 laga. Hingga akhirnya, Maccabi menjadi runner-up di bawah Hapoel Be’er Sheva.

Bosz memulai debutnya sebagai pelatih ketika membawa De Graafschap. Heracles Almelo kemudian menjadi klubnya selama dua periode, dilanjutkan Vitesse Arnheim. Direktur Marketing Ajax yakni Edwin van der Sar mengatakan bahwa pelatih 52 tahun ini se-visi dengan filosofi Ajax dan mampu meningkatkan pemain muda menjadi pesepakbola menyerang.

” Peter Bosz, dia adalah pelatih yang dapat menjadikan skuat bertalenta kami semakin maju. Ini dapat kita lihat dari klub-klub yang dia latih selalu menjadi tim yang kuat dan sangat pas dengan gaya permainan Ajax. Peter adalah sosok yang memiliki visi jelas dengan kami, ” papar mantan penggawa Manchester United tersebut.

Musim 2015/2016 ini usai dengan lemahnya permainan Ajax Ansterdam karena harus melewatkan peluang mendapatkan gelar juara. Setelah menghabiskan 26 minggu di peringkat atas, tetapi mereka harus puas dibawah PSV Eindhoven yang sukses di musim ini.

Penulis: | 26 Mei 2016 | Berita Bola