Roberto Martinez, Pelatih Teranyar Tim Nasional Belgia

Timnas Belgia mempunyai pelatih baru bagi mereka setelah Marc Wilmots resmi dipecat. Dia adalah Roberto Martinez, pelatih yang sebelumnya memegang klub Premier League, Everton.

Marc Wilmots dipecat dari tugasnya sebagai pelatih setelah timnas Belgia gagal di babak perempatfinal Euro 2016 yang lalu yang dikalahkan oleh tim pendatang Wales dengan skor akhir 1-3. Gagalnya mereka ternyata tak dapat diterima karena Belgia memiliki pemain-pemain berbakat dan kelas dunia, diantaranya Eden Hazard, Thibaut Courtois, Kevin de Bruyne, Radja Nainggolan, dan lainnya.

Walau demikian, Wilmots tetap memiliki jasa yang besar dalam membawa dan memajukan posisi Belgia. Selama bersama dengannya, Belgia sempat berada di posisi pertama FIFA dan kini masih bertahan sebagai timnas peringkat runner up.

Sementara itu, Roberto Martinez sempat tak bekerja setelah dipecat dari Everton Mei yang lalu. Manajer 43 tahun tersebut sudah berada selama tiga musim di Goodison Park. Dia sempat membawa Everton finis di posisi kelima, terbaik dalam enam tahun, setelah mengganti David Moyes di tahun 2013 lalu.

Beberapa waktu yang lalu, Belgia sempat membuka lowongan pekerjaan sebagai pelatih secara online. Martinez juga sudah dihubungkan dengan Hull City sebelum akhirnya menjadi pelatih Belgia.

Terpilih sebagai pelatih Belgia yang terbaru, Roberto Martinez sudah harus memiliki tugas yang sulit, yakni mempersiapkan diri dalam laga pertama di era Martinez dengan melawan Spanyol pada laga ujicoba, September yang akan datang.

Penulis: | 4 Agustus 2016 | Berita Bola