Rusia Perketat Jatah Pemain Asing

9 russia

Sepakbola Rusia selama ini memang jarang terdengar kiprahnya. Namun saat ini tim-tim lokal Rusia sudah mulai bebicara banyak di pentas Eropa. Hanya saja timnas mereka masih belum mampu memberikan prestasi yang membanggakan. Oleh karena itu, Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko ingin melakukan perombakan dengan sistem sepakbola Rusia. Salah satu yang menjadi sorotan adalah mengenai jatah pemain asing yang diperbolehkan berlaga di Liga Domestik Rusia.

Ketika Mutko berbicara Presiden Rusia Vladimir Putin, sang presiden pun memnilai bahwa aturan kuota yang membatasi jumlah pemain asing di sepak bola nasional saat ini terlalu lunak dan perlu diperketat.

Pada 14 Juli lalu, Mutko telah meneken dekrit yang memberikan persetujuan kuota enam pemain asing dan lima pemain Rusia yang bermain bersamaan di sebuah pertandingan klub.

Sedangkan sebelumnya, Liga Utama Rusia (RFPL) telah menggunakan formula ‘7 + 4’, tujuh pemain asing dan empat pemain lokal Rusia dalam satu pertandingan klub. Namun pada bulan Desember lalu, Komite Eksekutif RFU agar batas pemain asing dirubah, secara totalnya menjadi 10 orang asing ditambah 15 pemain Rusia (10 + 15). Keputusan tersebut terang saja dikritik pedas oleh Mutko. Mutko menilai kebijakan seperti itu sama saja dengan merusak perkembangan sepakbola di Rusia.

Ya mungkin Mutko memiliki gagasan yang mulia untuk memajukan sepakbola Rusia dengan mengurangi jatah pemain asing dalam satu klub. Ini semua tentu untuk memberikan kesempatan kepada pemain lokal untuk mencari pegalaman dan mengasah kemampuan diri.

Penulis: | 13 Oktober 2015 | Berita Bola