Selain Messi, Berikut Pemain Yang Pernah Lakukan Tap Penalti

Lionel Messi

Penalti unik Lionel Messi di pertandingan Barcelona dan Celta Vigo pada Minggu, (14/2/2016), cukup menyita banyak perhatian. Namun, sepertinya bukan hanya Messi yang pernah melakukan tendangan penalti yang memiliki istilah khusus, yakni Tap Penalti.

Tap Penalti dapat diartikan sebagai tendangan yang dilakukan dua orang, satu menjadi pelaku tendangan penalti dan bekerja sama dengan rekan setimnya. Biasanya pemain yang bertugas menendang bola tidak akan melepas tendangan ke arah gawang, namun memainkan bola pelan ke arah depan, dan rekan timnya dapat langsung memainkannya.

Selain Lionel Messi, pemain Legenda sepak bola asal Belanda yang juga mantan pemain Barcelona, Johan Cruyff, pernah melakukan penalti unik dengan rekannya yakni, Jesper Olsen. Tendangan unik ini dilakukan saat bermain pada laga Ajax Amsterdam di tahun 1982. Sama halnya dengan Messi, metode penalti yang dimainkan Cruyff mendapatkan beragam komentar. Bahkan, tendangan ini juga memiliki istilah yang popular yakni Cruyff Style.

Selain keduanya, duet lain dengan Penalti ini adalah Robert Pires ketika masih berada dalam Arsenal pada musim 2005-2006. Namun, duet ini gagal melakukan tendakan tersebut. Saat itu, Pires menjadi penendang, tapi tendangan halus Pires kurang menjauhkan bola dari titik penalti. Hal ini membuat pemain lain mudah menjangkau bola.

Tendangan penalti unik lainnya juga pernah dilakukan oleh legenda tim nasional Belgia, yakni Rik Coppens, pada 5 Juni 1957. Coppens melakukannya bersama rekan setimnya, yakni Andre Piters. Keduanya sukses melakukan dan meraih gol.

Berbagai pendapat terkait Tap Penalti Liones Messi sepertinya semakin banyak mengundang pro dan kontra, apalagi tidak semua negara yang meng ‘halal’kan aksi seperti ini. Di Italia, gaya penalti ini masih dianggap tak layak.

Penulis: | 17 Februari 2016 | Berita Bola