Ternyata, Jersey Timnas Inggris Produksi Indonesia

Sangat tak terduga, ternyata sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia ikut ambil bagian dalam ajang Euro 2016 yang dilaksanakan empat hari ke depan di Prancis. Keikutsertaan tersebut memang bukan dalam hal mengirim wakil untuk berlaga melainkan memalui produk atau yang biasanya disebut dengan jersey yang akan digunakan salah satu timnas.

Jersey disini adalah jersey timnas Inggris. Ya, Jersey yang akan dikenakan oleh Wayne Rooney dan rekan-rekannya adalah produk buatan pabrik dan pekerja yang ada di Jakarta. Hal tersebut merupakan fakta yang diungkapkan sebuah laporan investigasi The Sun.

Dalam berita tersebut, dijelaskan bahwa jersey timnas Inggris, yang disediakan oleh aparel asal Amerika, ternyata dibuat dan diproduksi oleh PT Grand Best Indonesia. Dalam hal ini, perusahaan ini juga yang membuat jersey untuk Barcelona dan PSG.

Masih dalam laporan The Sun, para pekerja di pabrik ini hanya memperoleh gaji sebanyak 165 poundsterling tiap bulannya. Jika dijumlahkan dalam kurs rupiah, maka gaji para pekerja hanya sekitar Rp 3.198.525 perbulan. Jumlah ini sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) di DKI Jakarta yakni Rp 3.100.000.

Dengan gaji tersebut, dinilai memang sangat rendah. Alasannya adalah jika memakai perbandingan dengan gaji di Eropa. Selain itu, nilai itu juga sangat kurang jika dilihat dari harga satuan jersey timnas Inggris yang dijual dengan harga 60 pounds atau Rp 1.163.100.

” Para pekerja di pabrik ini umumnya adalah wanita. Banyak dari mereka yang masih tinggal di beberapa tempat yang kurang layak, gubuk kecil dengan jalanan yang kotor. Penuh dengan sampah dan beberapa hewan yang berkeliaran dengan bebas. ” papar The Sun.

Penulis: | 6 Juni 2016 | Berita Piala Eropa